http://agen888.com/simpan/agen150x600.gif
ads

Roman Polanski Raih Penghargaan di Eropa

http://www.pokeracademy.co.uk/wp-content/uploads/2009/10/250x250.gif http://www.pokeracademy.co.uk/wp-content/uploads/2009/10/250x250.gif Roman Polanski Raih Penghargaan di Eropa

Tallinn - Sutradara Roman Polanski memenangkan penghargaan Film Terbaik pada European Film Award untuk film Ghost Writer yang mengisahkan seorang jurnalis yang disewa untuk menulis memoar perdana menteri Inggris.

Polanski yang dianugerahi Silver Bear untuk Sutradara Terbaik di Berlin Film Festival baru0baru ini, juga menyabet lima hadiah utama lainnya pada upacara yang diadakan di ibukota Estonia, Tallinn, Sabtu (4/12) malam.

Dinominasikan dalam tujuh kategori, film ini memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Ewan McGregor, dan Skenario Terbaik untuk Robert Harris dan Polanski.

"Ini terlalu banyak... terima kasih banyak," kata Polanski dalam pidato penerimaan melalui koneksi Skype dari lokasi yang tidak diketahui. "Saya ingin berterima kasih. Ini untuk kru terbaik saya, kru yang benar-benar Eropa"

Itu bukan kali pertama sutradara kelahiran Polandia itu menerima penghargaan dari European Film Academy.

Sutradara berusia 77 yang memengani Piala Oscar untuk film seperti Rosemary Baby dan Chinatown juga pernah mendapat kehormatan dengan Penghargaan Prestasi Seumur Hidup pada 2006 di Warsawa, Polandia.

The Ghost Writer yang dibintangi Pierce Brosnan mengisahkan pembuatan memoar seorang politisi, dengan berdasarkan kisah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair.

Saat ia sedang menyelesaikan film ini pada September 2009, Polanski ditahan di Bandara Zurich oleh polisi Swiss atas permintaan pemerintah AS untuk menghadapi pengadilan dalam kasus seks anak pada 1977. Dia harus menyelesaikan editing film sementara di penjara Swiss, sebelum menjadi tahanan rumah.

Pada Juli, Polanski dibebaskan setelah pemerintah Swiss menolak mendeportasi dia ke Amerika Serikat. Tapi dia masih menjadi buruan interpol di 188 negara. Sebagian besar negara-negara Eropa, termasuk Estonia, memiliki perjanjian ekstradisi dengan Amerika Serikat.

Sumber: http://yudi-setiadi.blogspot.com/2010/12/roman-polanski-raih-penghargaan-di.html

ads ads


KOTAK KOMENTAR
Kalau Komentar FACEBOOK tidak muncul
Tekan F5 di keyboard kamu

Artikel Terkait

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 menjelma is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger