http://agen888.com/simpan/agen150x600.gif
ads

10 Tahanan Politik Terkenal dan Berpengaruh di Dunia

http://www.pokeracademy.co.uk/wp-content/uploads/2009/10/250x250.gif http://www.pokeracademy.co.uk/wp-content/uploads/2009/10/250x250.gif
1 Liu Xiaobo

http://goshycab.com/wp-content/uploads/2010/10/1-Liu-Xiaobo.jpg
Meskipun peringatan berulang dari pemerintah China, Komite Nobel bernama dipenjarakan Cina pembangkang penulis Liu Xiaobo pemenang tahun ini Hadiah Nobel Perdamaian, dengan alasan "perjuangannya panjang dan tanpa kekerasan bagi hak asasi manusia di China." Liu telah di penjara sejak Natal terakhir , ketika ia dijatuhi hukuman 11 tahun karena mengkritik pemerintah komunis Cina dalam sebuah petisi beredar luas dijuluki Piagam 08. istri Liu menerima pujian komite atas namanya, mengirim e-mail dan pesan teks ke media karena dia tidak diizinkan berbicara dengan wartawan di rumahnya. Presiden Obama, penerima tahun lalu Perdamaian Nobel, menyerukan China untuk melepaskan Liu segera setelah penghargaan diumumkan, mengatakan bahwa reformasi politik di negara ini "belum sejalan" dengan "kemajuan dramatis dalam reformasi ekonomi."


2 Aung San Suu Kyi

http://www.topnews.in/files/aung-san-suu-kyi12.jpg
Burma pemimpin oposisi pro-demokrasi Aung San Suu Kyi, sekarang 65, memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991 ketika dia berada di bawah tahanan rumah. Dia dibebaskan pada tahun 1995, hanya untuk ditahan lagi - dan lagi. Dia masih hari ini tahanan, dan partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), memutuskan untuk memboikot pemilihan tahun ini, dari mana Suu Kyi telah didiskualifikasi. Pada tahun 1990 - dua tahun setelah Suu Kyi, putri pahlawan kemerdekaan dibunuh Burma Jenderal Aung San, kembali ke Burma dari luar negeri dan menjadi aktivis terkemuka - yang NLD tidak berpartisipasi dalam pemilihan umum. Hal ini memenangkan lebih dari 80% dari kursi parlemen diperebutkan, tetapi berkuasa junta militer tak memedulikan. berdiri gigih Suu Kyi untuk demokrasi dan hak asasi manusia terinspirasi lagu U2 ". Walk On" Dalam sebuah esai untuk TIME, Bono menulis, "suara tenang nya alasan membuat dunia tampak berisik, gila, yang merupakan mantra rendah kasih karunia dalam usia teror, pengingat segala sesuatu yang kita anggap remeh dan hanya apa yang dapat dilakukan untuk mendapatkannya. "

3 Nelson Mandela

http://www.limitemagazine.com/wp-content/uploads/2010/03/nelson-mandela-main.jpg
Setelah bergabung dengan Kongres Nasional Afrika (ANC) pada tahun 1944 dan mengambil bagian dalam perlawanan atas, kebijakan sebagian besar putih apartheid etnis-Afrikaner Partai Nasional, Nelson Mandela akhirnya ke pengadilan dalam apa yang dikenal sebagai maraton Pengkhianatan Trial dari 1956-1961 (dalam yang akhirnya semua terdakwa akan dibebaskan). Dengan ANC dilarang, pada tahun 1961 ia mendirikan sayap militer, Umkhonto kita Sizwe (Tombak Bangsa) tetapi ditangkap pada tahun 1962 dan dijatuhi hukuman penjara lima tahun dengan kerja paksa. Pada tahun 1964 kalimat itu furthered penjara seumur hidup untuk nya diduga keras merencanakan untuk menggulingkan pemerintah. Sampai tahun 1982, Mandela disimpan di penjara Robben Island terkenal, dari Cape Town, sebelum pindah ke penjara Pollsmoor di daratan.
Meskipun penahanannya, reputasinya tumbuh, bersama dengan gerakan antiapartheid itu sendiri. Setelah pembebasannya pada tahun 1990, Mandela melemparkan diri ke dalam pekerjaan hidupnya dan menjadi pemimpin ANC. Pada tahun 1994, pemilihan pertama Afrika Selatan multiras melihat ANC memenangkan 62% suara. Mandela sepatutnya menjadi Presiden pertama negara itu hitam, dengan Partai Nasional FW de Klerk sebagai wakil pertama dan Thabo Mbeki sebagai yang kedua di Pemerintah Persatuan Nasional.

4 Mohandas Gandhi
http://www.bbc.co.uk/wales/ps/images/hall_of_fame/mohandas_gandhi_586.jpg
sejarah bertingkat Mohandas Gandhi perlawanan termasuk menjalankan tugas banyak di penjara, dimulai dengan pidana penjara dua bulan pada 1907 di Afrika Selatan, di mana dia bekerja untuk mengakhiri diskriminasi terhadap Indian yang tinggal di sana. Dia ditangkap karena mendesak mereka untuk mengabaikan hukum membutuhkan Indian untuk didaftarkan dan sidik jarinya. Sementara di penjara, Gandhi membaca Ketidaktaatan Sipil Henry David Thoreau, yang akan menjadi bagian utama dari filsafatnya sekembalinya ke India. Kembali ke negara asalnya, Gandhi dihukum penjara beberapa kali gerakan untuk mengakhiri pemerintahan Inggris. Pada tahun 1922 ia mencoba untuk terakhir kalinya oleh pemerintah Inggris untuk Dia "membawa atau berusaha untuk membangkitkan ketidakpuasan terhadap Pemerintah Mulia yang ditetapkan oleh hukum di British India." Mengaku bersalah atas semua tuduhan dan dijatuhi hukuman enam tahun, dimana beliau menjabat dua sebelum dibebaskan untuk usus buntu darurat. India mencapai kemerdekaan pada 15 Agustus 1947, lima bulan sebelum Gandhi dibunuh. moniker-Nya, Mahatma, berarti "yang besar."
5 Martin Luther King Jr
http://blog.beliefnet.com/onecity/martin_luther_king_jr_quotes_buddhist.jpg
Yang paling penting hak-hak sipil kampanye dalam sejarah Amerika, Martin Luther King Jr lahir pada bulan Januari 1929, anak seorang pendeta Baptis. Dia adalah seorang anak anak didik di sekolah, melewatkan dua kelas dan masuk Morehouse College tanpa pernah secara resmi lulus dari sekolah tinggi. Ia menyelesaikan gelar Ph.D. di Boston University sebelum menjadi pendeta. studi-Nya menariknya ke filosofi perjuangan tanpa kekerasan dan dia terinspirasi dengan diktum Gandhi, "Melalui rasa sakit kami, kami akan membuat mereka melihat ketidakadilan mereka." kampanye politik King's mengambil kekuatan penuh dengan kejadian bus Taman Rosa pada tahun 1955, yang menyebabkan tanpa kekerasan boikot bus di Montgomery, Alabama Kampanye berhasil dalam mengakhiri segregasi paksa di bis, tapi masih ada perjuangan panjang. Sepanjang kampanye tak kenal lelah nya untuk kesetaraan ras, Raja ditangkap sekitar 30 kali. Ia ditulis terkenal "Surat dari Penjara Birmingham" pada tahun 1963 setelah dipenjara karena perannya dalam sebuah aksi langsung di sana. baris Teks paling terkenal - "Ketidakadilan di manapun adalah ancaman bagi keadilan di mana-mana" - menggemakan kebenaran moral mengubah dunia sebab nya. Ia dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1964.

6 Andrei Sakharov
http://pubweb.cc.u-tokai.ac.jp/mhayashi/main_sakharov.jpg
Fisikawan nuklir Soviet berbalik berbalik kampanye hak asasi manusia tahanan di negaranya sendiri Andrei Sakharov nya menerima Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1975. Tetapi karena pandangannya tentang penindasan politik Soviet dan hubungan bermusuhan dengan negara-negara lain, pemerintah Soviet tidak akan membiarkan Sakharov untuk meninggalkan negara untuk mengumpulkan hadiah. Pada tahun 1980 Sakharov diasingkan ke Gorky, kehilangan seluruh kehormatan dan ditempatkan di bawah pengawasan konstan untuk pandangannya tentang invasi Uni Soviet di Afganistan. Dia juga menyerukan untuk memboikot seluruh dunia tahun 1980 Olimpiade di Moskow. Namun, pada tahun 1986 pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev Sakharov dibebaskan dari pengasingannya, dan pembangkang penuaan menjadi simbol perlawanan terhadap garis keras penindasan Soviet dalam tiga tahun terakhir hidupnya.
7 Vaclav Havel
http://www.prague-life.com/media/pics/vaclav-havel.jpg
Vaclav Havel adalah seorang dramawan esais, menonjol dan penyair. Dia juga, untuk waktu, seorang tahanan politik, dipenjara karena tulisan-tulisannya yang satir birokrasi komunis dan atas keterlibatannya dalam gerakan reformasi Musim Semi Praha tahun 1968. Surat diperdebatkan Nya untuk kemudian Presiden Gustav Husak tidak menimbulkan suatu tindakan dilakukan, tetapi teks dengan cepat pergi virus - setidaknya menurut standar era pra-internet. Karyanya dilarang oleh pemerintah, namun membawa perhatian dunia kepada keadaan Cekoslowakia Soviet-didominasi's. Havel akan mengalami pelecehan polisi dan penangkapan, dan pada tahun 1979 ia dijatuhi hukuman 4 ½ tahun penjara untuk subversi republik. Setelah pembebasannya, Havel menjadi seorang tokoh terkemuka dalam apa yang akan menjadi dikenal sebagai Revolusi Velvet tahun 1989. Ia memenangkan kursi kepresidenan tahun itu dan kemudian menjadi Presiden pertama Republik Ceko yang baru terbentuk pada tahun 1993. Motto seumur hidup-Nya: "Kebenaran dan kasih harus menang atas kebohongan dan kebencian."
8 Akbar Ganji
http://www.parstimes.com/gallery/akbar_ganji/19.jpg
Akbar Ganji, seorang wartawan kontroversial dan blak-blakan, adalah pembawa standar ketahanan bagi banyak reformis Iran. Dia adalah seorang anggota Pengawal Revolusi sebelum ia menjadi kecewa: "Saya melihat fasisme dan tirani politik muncul di Iran. Siapapun yang menanyakan pertanyaan dicap 'antirevolutionary' dan 'terhadap Iran.' "Ganji memulai investigasi dari serangkaian pembunuhan yang dikenal sebagai" rantai pembunuhan Iran. "Hasilnya adalah karyanya yang paling terkenal, string esai menyatakan bahwa pejabat senior berada di balik pembunuhan. Tuduhan itu menyebabkan penangkapannya pada tahun 2000, dan ia menghabiskan enam berikutnya tahun penjara. Sementara di kurungan ia berhasil menyelundupkan keluar teks dia menulis, terutama sebuah manifesto politik, meletakkan dasar proposal untuk republik matang sepenuhnya demokratis Iran. Ia telah menjadi kritikus terkenal perang Irak, dengan alasan, "Anda tidak bisa membawa demokrasi ke negara dengan menyerang itu."
9 Benigno Aquino Jr
http://www.notablebiographies.com/images/uewb_01_img0035.jpg
Benigno Aquino Jr (atau Ninoy, karena ia dikenal) ditakdirkan untuk masuk politik. Dia adalah keturunan klan Filipina terkemuka politik dan terpilih negaranya Senator termuda yang pernah pada usia 34 - suatu prestasi yang akan dia dinobatkan sebagai "Wonder Boy Politik Filipina." Pada 21 September, 1972 ketika Ninoy's persaudaraan saudara mantan Ferdinand Marcos mengumumkan darurat militer, Ninoy dan para pemimpin oposisi lainnya dipenjara. Setelah tujuh tahun kurungan, ia menderita serangan jantung dan telah diizinkan oleh Marcos untuk pergi ke Amerika Serikat untuk operasi. Yang diikuti oleh tiga tahun pengasingan, setelah itu ia kembali ke Filipina, dilaporkan mengatakan di pesawat kembali, "perasaan saya adalah, kita semua harus mati nanti, dan jika itu nasib saya untuk mati oleh peluru seorang pembunuh , jadi itu "Saat ia turun dari pesawat., dia ditembak mati, mati di kolam renang berdarah di aspal Manila. Berita kematiannya memicu protes massa yang akhirnya mengarah pada akhir rezim Marcos 20 tahun dan restorasi demokrasi Filipina dengan pemilihan istri Ninoy Corazon.

10 Ho Chi Minh
http://img.timeinc.net/time/time100/images/main_hochiminh.jpg
Ketika Ho Chi Minh mengunjungi Cina pada tahun 1940-an, ia berusaha untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah nasionalis Chiang Kai-shek perjuangan melawan penjajah Prancis. Tapi Ho komunis dan tidak percaya oleh Generalissimo Cina, yang telah Ho dipenjara selama 18 bulan. Pada waktu itu, Ho menulis Notebook kini terkenal dari Penjara, kumpulan puisi melankolis dan tabah ditulis dalam bahasa Cina yang panggilan untuk revolusi. Ho akan pergi untuk membebaskan Vietnam dari Perancis pada tahun 1954, membuka jalan bagi dasar negara sosialis di utara negara itu.


sumber: http://dunia-panas.blogspot.com/2010/10/10-tahanan-politik-terkenal-dan.html



ads ads


KOTAK KOMENTAR
Kalau Komentar FACEBOOK tidak muncul
Tekan F5 di keyboard kamu

Artikel Terkait

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 menjelma is proudly powered by blogger.com | Design by Tutorial Blogspot Published by Template Blogger